harga maklon herbal

Inilah Kisaran Harga Maklon Obat Herbal

Pernah mendengar istilah maklon? Istilah ini tentu akan semakin familiar di telinga ketika mencoba merintis bisnis yang berhubungan dengan obat dan kosmetik. Keberadaan jasa ini memang sangat membantu pelaku bisnis, seperti penyedia obat herbal untuk menjalankan kegiatan operasional dan perizinan. Jika saat ini sedang mencari tahu lebih dalam mengenai jasa maklon atau mungkin mengenai harga maklon herbal maka bisa menyimak informasi berikut.

 

Apa Itu Jasa Maklon?

Istilah maklon diketahui berasal dari  bahasa Belanda yakni dari kata makloon yang artinya adalah menyediakan bahan baku yang siap untuk dipasarkan maupun diracik sesuai kebutuhan pengguna jasa. Arti dari istilah ini sama seperti istilah CMT (Cut, Make, dan Trim) dalam industri garmen.

Sedangkan definisi sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-70/PJ/2007. Jasa maklon adalah pemberian jasa dalam proses penyelesaian suatu barang tertentu yang pengerjaannya dilakukan pihak pemberi jasa (pihak ketiga).

Bentuk jasa yang diberikan beragam, ada yang hanya menyediakan bahan baku ada pula yang sudah sampai bentuk kapsul. Sehingga dari pihak pengguna jasa tinggal dimasukan kedalam kemasan yang dimiliki dan selanjutnya dipasarkan.

 

Keuntungan Memakai Jasa Maklon

Melalui definisi di atas, wajar rasanya jika jasa maklon kemudian diminati dan informasi mengenai keberadaan jasa serta  harga maklon herbal kemudian dicari. Memakai jasa ini tentu memberi keuntungan lebih bagi pelaku usaha herbal. Diantaranya adalah:

 

1. Tidak Pusing dengan Pengurusan Pabrik

Secara umum obat herbal baru bisa dipasarkan jika sudah memiliki ijin edar dari BPOM. Mendapatkan perizinan ini tentu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Misalnya adanya pabrik yang memenuhi standar, jumlah karyawan, apoteker penanggung jawab, dan sebagainya.

Artinya pelaku usaha herbal harus memiliki pabrik dan karyawan sejak awal untuk bisa mengurus BPOM dan mulai berjualan. Namun jika Anda memakai jasa maklon maka semua kegiatan pabrik tidak diperlukan. Sebab hanya memproses produk setengah jadi atau sudah jadi kemudian dikemas dengan brand sendiri.

 

2. Tidak Perlu Riset Produk

Sebelum siap memasarkan herbal tentu ada riset terlebih dahulu. Misalnya komposisi A dan B harus diteliti dan diuji apa saja manfaatnya bagi kesehatan. proses riset ini lumayan lama, dan jika memakai jasa maklon maka tinggal membayar biaya  harga maklon herbal saja. Tanpa perlu riset lagi.

 

3. Efisiensi Waktu, Tenaga, dan Biaya 

Menggunakan jasa maklon membantu meningkatkan efisiensi waktu, tenaga, dan biaya. Sebab tanpa perlu riset, tanpa perlu pusing mengurus karyawan pabrik, dan dijamin hemat modal.

 

4. Tidak Mengurus Perizinan

Mengurus perizinan untuk obat herbal tentu memusingkan, memakan waktu, dan juga butuh biaya lumayan. Jika diganti dengan membayar  harga maklon herbal maka Anda tidak perlu repot mengurus perizinan. Sebab menjadi tanggung jawab penyedia jasa maklon tersebut.

 

5. Meminimalkan Resiko Gagal Produk

Tanpa jasa maklon maka akan muncul resiko gagal produk, misalnya simplisia rusak selama disimpan di gudang. Atau mungkin hasil ekstraksi gagal karena berjamur dan sebagainya. Meminimalkan resiko tersebut maka bisa memakai jasa maklon, karena tinggal menerima herbal jadi atau setengah jadi.

 

Berapa Kisaran Harga Maklon Herbal?

Menarik sekali memang untuk menggunakan jasa maklon, namun berapa kira-kira biaya jasa maklon tersebut? Biaya untuk jasa maklon memang bervariasi, biasanya ditentukan oleh faktor jenis herbal yang dipesan sekaligus kebijakan penyedia jasanya. Dilansir dari situs tokopedia.com harga maklon untuk herbal madu antara Rp 20.000 – 40.000 per 100 ml.

Namun, jika memesan dalam partai  besar tentu harga akan berbeda. Sehingga perlu dibahas langsung dengan penyedia jasa, dan menyepakati harga bersama. Jika ingin hasil yang maksimal, anda bisa menggunakan jasa PT. Sinar Kaliman Sehat yang juga melayani jasa maklon obat herbal yang bisa anda baca disini https://sinarkalimansehat.com/jasa-maklon/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Selamat datang di PT. Sinar Kaliman Sehat dan selamat berbelanja. Butuh bantuan lebih lanjut? Chat dengan team kami sekarang.
Working hours: weekdays 8 pagi - 5 sore
Weekends slow response